Search
  • hakimhaykal84

Jenis Jenis Mesin Kasir dan Fungsinya



Baik lagi mencari mesin kasir dini buat bisnis yang baru dirintis maupun ingin mengganti mesin kasir lama, tentu ada berbagai bermacam model yang perlu jadi pertimbangan.


Terlebih dengan guna yang dikala ini terus jadi bermacam- berbagai, mulai dari mesin kasir offline yang sangat standar dengan mesin penghitung dan tempat penyimpanan uang saja, hingga mesin kasir online yang teknologinya lebih maju dan dapat mempermudah aktivitas operasional masing- masing hari. Teknologi terus jadi maju, Mengenai ini pula membuat toko maupun usaha ritel buat mempraktikkan program kasir buat memudahkan transaksi, dengan adanya jasa pembuatan aplikasi kasir bisa membantu dalam pembuatan program kasir.


Dari berbagai bermacam tipe, merk, guna dan merk yang ada dikala ini ini, berikut 3 tipe umum mesin kasir.


1. Electronic Cash Register( ECR)


Jenis mesin kasir offline satu ini tercantum yang sangat sering ditemui di restoran maupun toko- toko kecil, dengan laci uang yang hanya terbuka apabila transaksi penjualan sudah diterima oleh kasir.


Buat ECR klasik, petugas kasir masih harus memasukkan jumlah penjualan secara manual dengan keyboard. Perkembangan jaman menuntut toko maupun usaha ritel buat lebih kilat dalam transaksi, sampai dari itu dibutuhkan jasa pembuatan program kasir buat membuat aplikasi pos sebagai pemecahan buat transaksi dengan kilat.


Namun, dikala ini pemasaran ECR klasik sudah menyusut dan tergantikan oleh ECR modern, yang mana kasir hanya perlu melakukan scan barcode produk dan total penjualan hendak otomatis ter- pembaharuan.


Meski khasiatnya masih standar, ECR, baik yang klasik maupun modern, sudah bisa mencetak struk. Tidak hanya diberikan kepada pembeli, printer ECR pula hendak secara otomatis mencetak kopian struk buat penjual sebagai kenyataan disaat melakukan pembukuan.


2. Point of Sale( POS)


Bisa dibilang, POS ialah mesin kasir dengan jenis yang lebih mutahir dibandingkan ERC. Bersama tercantum mesin kasir offline, namun sistem POS berbasis komputer, memakai aplikasi maupun aplikasi yang membolehkan pengusaha menyimpan catatan sales, informasi pembeli, catatan inventaris, dan data bisnis yang lain.


Tidak cuma pencatatan yang lebih detail dan akurat, mesin kasir POS pula membaca purchasing behavior pembeli, yang sehabis itu bisa digunakan apabila pengusaha tersebut ingin menawarkan promo istimewa yang relevan.


3. MPOS dan Cloud POS


MPOS, maupun mobile point of sale, ialah sistem POS yang memakai tablet maupun fitur mobile lain. Ia bisa dioperasikan dengan iOS, Android dan Windows.


Tidak hanya memiliki fitur yang lebih bermacam- berbagai, ukurannya yang kecil pula membuat mPOS lebih mudah disesuaikan dengan layout toko.


Menggunakan teknologi cloud, tipe mesin kasir online yang satu ini mampu memberikan data bisnis yang lebih komprehensif, dan membantu pengusaha buat bisa mengakses data penjualannya secara langsung meski ia lagi tidak terletak di tokonya.

2 views0 comments

Recent Posts

See All